Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Daftar 10 Aplikasi Cek Barang Original Untuk Android

Selasa, 30 Mei 2023 | 19.27 WIB Last Updated 2023-05-31T02:27:21Z


Saat membeli, keaslian produk senantiasa jadi hal yang paling dikhawatirkan. Apalagi jika membelinya tidak di toko resmi yang merepotkan untuk dilacak. Tapi jangan cemas, karena kini sudah ada beragam opsi aplikasi cek barang original yang bisa dipakai untuk memeriksa, apakah barang yang dibeli orisinil atau tidak.

Bahaya Barang Palsu

Keberadaan aplikasi cek barang original sangatlah membantu, terlebih alasannya adalah semakin maraknya peredaran barang palsu. Beredarnya barang palsu tidak hanya merugikan produsen, juga mempunyai akhir yang buruk bagi konsumen. Sebagai pengguna barang secara pribadi, konsumen tidak akan menerima mutu barang yang serupa mirip yang semestinya.

Setiap produk didesain bukan cuma dari segi estetika saja, melainkan juga dari segi keamanan dan kesehatan. Pada barang artifisial, faktor keselamatan dan kesehatan diabaikan. Yang dikedepankan hanyalah performa fisik barang artifisial yang telah semirip mungkin dengan barang aslinya. Sementara untuk aspek yang lain diabaikan begitu saja.

Aplikasi Pengecek Barang Original atau Tidak

Fungsi dari aplikasi seperti ini yaitu memperlihatkan rasa aman kepada pembeli saat melaksanakan transaksi pembelian. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa menguntungkan pedagang . Hal ini dikarenakan, sesudah pembeli percaya bahwa barang yang dijual kondusif, pasti tidak akan ragu lagi untuk melaksanakan transaksi berikutnya. Untuk itu, ini daftar aplikasi yang mampu dicoba:

1. HiddenTag - Authenticity Verification&shopping

Aplikasi cek barang original yang pertama yaitu HiddenTag. Cara kerja dari aplikasi ini yaitu melaksanakan scan pada arahan Hiddentag yang ada pada produk. Apabila hasil scan menyatakan bahwa barang tersebut imitasi, maka ada menu report yang mampu diseleksi. Bisa juga menuliskan review pada produk tersebut.

Perlu diperhatikan lagi, bahwa arahan yang dimaksud bukanlah instruksi QR ataupun barcode, melainkan kode Hiddentag. Aplikasi ini tidak akan bisa digunakan untuk melaksanakan scan pada bentuk isyarat yang lain. Adapun mayoritas produk yang mempunyai isyarat Hiddentag ini adalah produk-produk Korea.

2. Barcode it Checker

Bila HiddenTag tak mampu melakukan pengecekan selain pada kode Hiddentag, maka bisa mencobaaplikasi yang satu ini. Barcode it Checker didesain untuk mengevaluasi keaslian barang melalui barcode-nya. Cukup buka aplikasi dan scan barcode memakai kamera ponsel, aplikasi akan memperlihatkan informasi keaslian produk.

Selain menyatakan bahwa produk orisinil atau tidak, bila produk tersebut orisinil, maka akan timbul di negara mana produk tersebut dibuat . Aplikasi ini bisa dipakai lewat ponsel maupun tablet Android. Satu poin yang paling penting, Barcode it Checker sepenuhnya bisa digunakan secara gratis!

3. BPOM Mobile

Untuk menganalisa keamanan produk kuliner, obat, serta kosmetik, maka BPOM Mobile bisa diandalkan. Aplikasi ini mampu digunakan untuk melacak keaslian dari produk-produk yang mencantumkan nomor izin BPOM. Apabila menemukan produk dengan nomor izin imitasi, maka pengaduan juga mampu diajukan langsung melalui aplikasi.

Untuk melaksanakan scan pada produk, arahkan kamera pada barcode atau kode QR yang ada. Yang perlu diamati, untuk memakai BPOM Mobile, berikan izin terhadap aplikasi untuk menggunakan kamera dan mengakses GPS. Akses GPS diperlukan untuk mengetahui lokasi pengguna saat melakukan scan.

4. QR & Barcode Scanner

Aplikasi scanner ini mampu melaksanakan scan pada instruksi QR dan barcode suatu produk. Cukup buka aplikasi dan pribadi scan, aplikasi akan eksklusif menawarkan karenanya tanpa perlu mengklik apa pun lagi. 

Hasil scan yang bisa dibaca dengan aplikasi ini beragam. Pembacaan teks, URL, ISBN, nomor kontak, kalender, email, produk, lokasi, WiFi, dan masih banyak lagi bisa dikerjakan. Selain melaksanakan scan, aplikasi ini pun mampu dimanfaatkan untuk membuat aba-aba QR. Untuk melakukannya, masukkan data yang ingin diubah dan klik generate untuk menciptakan isyarat.

5. Cek Keaslian Produk PT. ADEV NATURAL INDONESIA

Sedikit berlainan dari aplikasi cek barang original yang satu ini, adalah cuma bisa digunakan untuk mengevaluasi keaslian dari barang tertentu saja. Jadi, aplikasi ini cuma akan memeriksa apakah barang ialah produk yang dibentuk oleh PT. ADEV NATURAL INDONESIA atau bukan.

PT. ADEV sendiri adalah suatu perusahaan produsen kosmetik kenamaan. Perusahaan ini mendapatkan jasa buatan kosmetik atau yang lebih dimengerti dengan ungkapan jasa maklon. Karena banyaknya produk yang telah dibentuk atas seruan para klien, PT. ADEV melakukan langkah terobosan supaya pelanggan tahu mana produk yang orisinil dan mana yang bukan.

6. QR & Barcode Reader

QR & Barcode Reader mampu membaca berbagai format aba-aba barcode mirip QR, Aztec, UPC, Data Matix, EAN, Code 39, dan masih banyak lagi. Untuk itu, tak perlu ragu untuk melaksanakan scan dengan aplikasi ini dan dapatkan gosip produk yang dikehendaki. 

Yang istimewa, scan tidak mesti dijalankan melalui pemindaian kamera, sebab file gambar pun mampu di-scan. Selain itu, ada juga fitur senter untuk membuat lebih gampang pemindaian di lokasi yang gelap. Bisa juga melaksanakan zoom agar mampu memindai kode yang berukuran kecil atau berada di kawasan yang sedikit berjarak dari ponsel.

7. CertiEye

Sudah banyak pengguna yang mempergunakan CertiEye untuk menyelidiki keaslian sebuah produk. Hasil scan-nya pun bisa dijamin akurat dan yakni informasi yang sebenar-benarnya. Oleh balasannya, pengguna mampu pribadi mengenali keaslian produk tanpa mesti menunggu hebat menciptakan penilaian.

Hanya saja, scan keaslian produk dengan CertiEye cuma bisa dilaksanakan untuk produk yang mempunyai Certi Mark. Selain melaksanakan scan produk, aplikasi ini juga bisa membuka data dan informasi seputar produk yang lebih mendalam. Cukup klik pada ‘More Product Info’ untuk menerima info lebih lanjut pada produk tersebut.  

8. Barcode Scanner

Meski bernama Barcode Scanner, instruksi yang bisa di-scan oleh aplikasi ini bukan hanya barcode saja. Informasi yang tersembunyi pada Data Matrix dan instruksi QR juga mampu terbaca dengan memakai Barcode Scanner ini. URL dan info lainnya pun mampu dengan gampang diperoleh cuma dengan sekali scan.

Bila terjadi persoalan dan Barcode Scanner tidak mampu melakukan scan, cobalah untuk mengatasinya terlebih dulu. Caranya dengan membuka sajian setting dan enable semua pilihan yang ada. Kemudian, disable satu per satu untuk memilih mana yang terkena bug. Satu hal lagi, aplikasi ini tidak memiliki iklan. Makara, bila melihat iklan, mampu diputuskan itu ialah malware. 

9. Epson Genuine

Aplikasi cek barang original ini hanya bisa digunakan khusus untuk produk-produk Epson Indonesia. Artinya, hanya produk Epson yang ada di Indonesia saja yang mampu di-scan. Aplikasi ini mampu memindai, mana yang betul-betul produk orisinil Epson dan mana yang bukan. Jika produk dinyatakan orisinil, maka akan ada hasil isu yang menyatakan bahwa produk consumable.

Seperti yang dimengerti, untuk memilih bahwa produk gadget mirip printer mampu bertahan usang yakni dengan menggunakan suku cadang asli. Oleh alhasil, aplikasi ini yaitu upaya Epson Indonesia dalam menolong konsumen untuk mempertahankan produk Epson-nya.

10. QR Scanner - Barcode Reader

Satu lagi aplikasi yang bisa dipakai untuk menilik keaslian barang adalah QR Scanner - Barcode Reader. Aplikasi keluaran TrustedApp ini bisa melaksanakan scan terhadap produk dengan kondusif. Artinya, aplikasi ini akan menetapkan terlebih dulu bahwa berita yang tertera pada aba-aba memang aman untuk dibuka.

Hasil scan yang pernah dilaksanakan juga akan tersimpan di dalam aplikasi dengan adanya fitur history. Selain itu, ada pula fitur senter untuk mempermudah dalam melakukan scan kode di malam hari. 

Keberadaan berbagai macam aplikasi cek barang original memudahkan konsumen dalam memilih keaslian produk. Menggunakan produk yang orisinil terang lebih direkomendasikan dibandingkan memakai barang imitasi.


×
Berita Terbaru Update