Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Cara Cek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

Selasa, 30 Mei 2023 | 19.24 WIB Last Updated 2023-05-31T02:24:39Z

 

Cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan melalui aplikasi. Sekarang tidak butuhrepot lagi datang ke kantor jikalau ingin menyaksikan saldo BPJS ketenagakerjaan.

Cukup gunakan saja aplikasi resmi dari BPJS ketenagakerjaan yang bernama BPJSTKU, baik untuk pengguna HP android maupun pengguna iOS.

Hadirnya aplikasi BPJSTKU bisa mempermudah seluruh akseptor untuk bisa memeriksa saldo kapan saja hanya dari suatu ponsel. Kemudahan kanal info ini juga dalam rangka untuk meraih lebih banyak lagi calon peserta BPJS ketenagakerjaan.

Bagi anda yang ingin memakai aplikasi ini untuk cek saldo maka mampu download dulu dari play store untuk HP android dan app store untuk iOS.

Cara download dan install aplikasi BPJSTKU untuk cek saldo

Cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan lewat aplikasi Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

 

Pertama silahkan buka dahulu aplikasi google play store untuk menerima BPJSTKU. Adapun aplikasi ini hanya kompatibel dengan HP android minimal model 5.0 atau yang lebih baru.

Begitu juga untuk pengguna iPhone atau iPod yang membutuhkan iOS sekurang-kurangnyamodel 11.2 atau model modern semoga aplikasi ini bisa berjalan dengan baik.

Kaprikornus tentukan bila perangkat yang anda pakai telah memenuhi syarat yang diputuskan dari pihak developer yang tidak lain yakni BPJS itu sendiri.

Pastikan juga ada memori penyimpanan yang cukup untuk mendownload dan mengunduh file apk yang size nya sekitar 48 MB. Jika telah simpulan install maka anda mampu eksklusif melaksanakan aplikasi BPJSTKU ini untuk memulai menggunakannya.

Cara menciptakan akun BPJSTKU untuk cek saldo

Jalankan aplikasi BPJSTKU dan klik menu pendaftaran untuk membuat akun baru yang nantinya bisa untuk melaksanakan cek saldo. Gunakan email yang masih aktif untuk melakukan pendaftaran dan sesudah itu lakukan konfirmasi dengan membuka pesan masuk dari email anda.

Salin isyarat tersebut ke aplikasi BPJSTKU dan klik verifikasi. Jika telah anda bisa pilih seperti penerima upah atau bukan akseptor upah.

Lengkapi semua data-data registrasi yang diminta aplikasi ini dengan benar. Contohnya saja seperti nama lengkap, NIK KTP, dan data langsung anda lainnya.

Masukkan juga nomor BPJS ketenagakerjaan yang tertera di kartu anda serta nomor HP yang masih aktif. Jika telah maka anda akan mendapatkan SMS dari server BPJSTKU yang isinya berupa isyarat buat anda salin ke aplikasi selaku verifikasi pendaftaran.

Barulah pada tahap ini akun BPJSTKU anda telah aktif dan telah mampu dipakai untuk menyaksikan cek saldo.

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU

Langkah pertama yakni silahkan login dengan akun yang gres saja anda buat tadi ke aplikasi BPJSTKU. Setelah login anda akan melihat banyak pilihan menu, cari lihat saldo dan ketuk sajian tersebut.

Saldo akan secepatnya muncul pada layar HP anda berikut beserta rincian detailnya.

Manfaat memakai aplikasi BPJSTKU

Aplikasi multi guna dari pihak BPJS ini pastinya mempunyai banyak keunggulan jikalau anda terus menyimpannya dalam ponsel berilmu anda.

Manfaat pertama sudah niscaya anda mampu melaksanakan cek saldo kapan saja hanya dengan mengandalkan koneksi internet dan HP. Lalu manfaat yang kedua dari aplikasi BPJSTKU yakni mampu untuk melakukan pembayaran online dan menentukan status terkini.

Dengan demikian anda tidak butuhbolak balik lagi ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan seperti dulu lagi. Fungsi dari aplikasi ini juga mampu anda gunakan untuk mengusut aneka macam gosip modern.

Fitur yang ada juga memungkinkan para pengguna untuk melakukan simulasi guna mengetahui jumlah yang didapat dari program jaminan hari bau tanah BPJS ketenagakerjaan.

Kegunaan aplikasi ini juga mampu berfungsi selaku monitoring terpola biar mampu mengetahui isu modern dan status keanggotaan anda.

Cara mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan dari aplikasi BPJSTKU

Setiap akseptor tentu saja bisa melaksanakan klaim untuk mencairkan saldo BPJS ketenagakerjaan jikalau telah menyanggupi syarat yang sudah di tentukan sebelumnya.

Klaim saldo untuk jaminan hari tua bisa saja anda lakukan jika memang sudah berusia 56 tahun keatas dan ingin pensiun. Selain itu mampu juga sebab alasan pemutusan korelasi kerja atau sudah ingin mengundurkan diri.

Tidak perlu lagi sibuk-sibuk tiba ke kantor cabang yang sarat antrian sesak. Terlebih sekarang sedang ada pandemi yang sampai kini juga belum terperinci kapan akan rampung.

Beruntung sekarang telah ada aplikasi BPJSTKU yang bisa anda pakai untuk mencairkan saldo tanpa perlu tatap paras pribadi sama sekali.

Untuk melakukannya pertama silahkan buka dahulu aplikasi BPJSTKU dari HP anda. Siapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Contohnya seperti :

- Foto tampang anda modern yang terlihat dari posisi depan secara jelas.
- Surat informasi habis komitmen atau resign.
- Formulir pengajuan JHT
- NPWP
- Nomor rekening Bank
- Kartu BPJS
- KTP

Pastikan semua dokumen ada dan sudah lengkap semua, lalu klik tombol selanjutnya. Isi semua data yang diminta dengan benar dan bila sudah selanjutnya tinggal kerjakan konfirmasi data pengajuan.

Tunggu prosesnya sampai mendapatkan tanggapandari admin BPJS ketenagakerjaan untuk di verifikasi. Biasanya petugas BPJS akan menginformasikan anda memakai no WA atau email yang telah anda daftarkan sebelumnya.

Jika sudah mendapatkan akad maka uang secara otomatis akan pribadi cair ke no rekening bank yang telah anda daftarkan sebelumnya.

Tidak bisa install aplikasi karena HP anda memiliki masalah ?

Untuk saat ini aplikasi BPJSTKU memang mewajibkan HP dengan model android sekurang-kurangnya5.0 ke atas. Makara kalau anda belum melakukan upgrade OS maka bisa melakukan cek saldo dari situs resminya pribadi.

Cara ini yakni cara alternatif yang mampu anda kerjakan secara online sehingga tetap tidak perlu mendatangi kantor cabang BPJS ketenagakerjaan.

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dari web resminya

Silahkan buka dahulu situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ bisa lewat perangkat laptop, desktop, atau HP anda. Buka dengan memakai web browser terpercaya seperti google chrome, atau mozilla firefox yang bisa dikerjakan dari multi perangkat.

Setelah web tersebut terbuka, anda akan melihat halaman form login dengan kolom alamat email dan password yang harus anda isi.

Silahkan lakukan login apalagi dahulu dengan memakai website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Atau jika anda belum mempunyai akunnya maka mampu klik menu "buat akun baru" untuk melaksanakan registrasi awal apalagi dulu.

Barulah sehabis itu anda mampu login untuk menyelidiki saldo BPJS dari website BPJS ketenagakerjaan. Setelah login, tinggal cari saja sajian "lihat saldo JHT" untuk mengecek saldo jaminan hari tua anda.

Setelah anda klik maka jumlah saldo akan langsung mampu terlihat. Selesai, cuma seperti itu saja caranya. Cara ini yaitu cara alternatif kalau anda ingin melakukan pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan tanpa menggunakan aplikasi BPJSTKU.

Penutup

Demikian pembahasan ihwal cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat aplikasi maupun lewat situs web resminya. Semoga dengan adanya pembahasan lengkap ini maka anda yang sedang kebingungan mampu menjadi tau caranya untuk memeriksa tanpa harus datang ke kantor cabang lagi.

×
Berita Terbaru Update